top of page

Bolu Gulung isi Selai Nenas


Bismillah..


Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh..


Hari ini mau berkarya jenis apa lagi yak?

Hehe sepertinya masih berkisar di masak-masak kue ^^


Beberapa hari terakhir ini, Saya mencoba untuk menjual kue buatan sendiri, yaitu Bolu Gulung dan Brownies. Awalnya karena mama Saya minta dibikinin Bolu Gulung, resepnya ada dapet dari FB yang beliau share, judulnya “Bolu Gulung untuk Pemula”. Yowes tak coba bikin..


Alhamdulillah berhasil di bagian rasanya, karena untuk fillingnya saya pakai selai nenas yang memang kami bikin sendiri, tapi untuk bentuk wehehe bagian kulit yang seharusnya jadi bagian luar terkelupas ketika dibuka dari gulungan, jadilah bolu gulung tanpa pelindung (botak gitu hihi).


Dan pada suatu hari saudara saya datang ke rumah bertepatan ketika saya lagi rajin membuat kue, akhirnya beliau cobain dan langsung memesan dua buah dan beliau menyarankan untuk bikin banyak saja, karena weekend ini kan ada arisan keluarga, pasti banyak yang beli. Wah bener jugaa~ Semangat deh sayaaa :)


Dengan penuh semangat dan perjuangan, sayapun membuat pesanan (cieee) sampai jam 2 pagi, huhu begini ya rasanya cari duit. Tapi karena senang memasak ya saya enjoy saja melakukannya. Saya hanya sanggup membuat 5 buah saja, 2 buah untuk saudara saya, 1 buah untuk teman saya (Alhamdulillah ada lagi pembeli yang pasti), 2 buah lagi untuk pembeli yang belum jelas “siapa”nya. Selain Bolu Gulung saya ada bikin satu buah Brownies.


Yee hari arisan tiba. Ada anggota keluarga yang tertarik beli Bolu Gulung dan juga Browniesnya.

Waaah.. Alhamdulillah lariiis.. Yah semoga bisa jadi awal untuk berbisnis lebih serius kedepannya. Aamiin.



Memang masih perlu belajar lagi untuk membuat Bolu Gulung dengan kualitas terbaik, soalnya masih masalah ketika membuka kertas roti dari bolunya. Maka Saya pun mencoba-coba berbagai resep bolu gulung dengan teknik dan bahan yang berbeda sambil memahami si oven yang manis manjah. Sejauh ini sudah coba 3 resep, 2 berhasil (soalnya saya suka dari segi bentuk dan rasa) dan yang satunya lagi, berhasil sih (mama suka) tapi kok saya agak gimana gitu ya soalnya bau telurnya kecium banget. Saya suka cari resep yang minim telur, 3-4 sudah maksimal menurut saya untuk pemula, tapi kalau berlebihan ada rasa geli dan sayang juga sebanyak itu kalau gagal. huhuuu



Insyaallah akan saya bagikan semua resep yang pernah saya coba, tapi di postingan hari ini Saya akan bagikan resep Bolu Gulung yang membuat Saya memiliki penghasilan untuk beberapa waktu hehe (Alhamdulillah).


Let’s Go to the Receipe~


Bahan :

4 btr telur 1 sdm TBM 75gr gula pasir

60gr tepung terigu 1 sdm susu bubuk 80gr margarin Bahan Filling :

1 bh Nenas

500gr Gula Pasir


Cara Membuat Filling :


1. Potong nenas menjadi beberapa bagian kecil-kecil agar mudah ketika di blender, buang bagian tengah yang keras


2. Blender sampai halus


3. Tuangkan ke dalam kuali, tambahkan gula pasir


4. Masak dan aduk sampai membentuk adonan seperti selai


note : jangan dibiarka lama-lama, harus ditungguin dan di aduk terus biar tidak menggumpal. Cara Membuat Bolu : 1. Panaskan Oven


2. Siapkan Loyang berukuran 24 x 24 x 2 cm. Olesi mentega dan kasi kertas roti. Atau dibalik juga boleh, kertas roti dulu baru mentega. (menurut saya sama saja, masih belum tau bedanya dimana hehe)


3. Cairkan Margarin.


4. Mixer dengan kecepatan tinggi (telur + gula pasir + TBM) hingga mengental dan mengembang.

5. Tambahkan tepung terigu + susu bubuk, mixer dengan kecepatan rendah.

6. Matikan mixer. Tuangkan margarin yang sudah dicairkan, aduk kembali dengan spatula hingga semua bahan tercampur rata.


7. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Panggang dalam hingga matang. (kenali oven masing-masing yah, saya juga sampai sekarang masih belum kenal sama oven manis manjah saya :’) )


8. Keluarkan kue dari cetakan. Balik dan buka kertas roti yang menempel pada bagian bawah bolu.


9. Oles bagian dalam bolu dengan selai atau buttercream (sesuai selera) hingga rata.


10. Gulung kue dengan bantuan kertas roti atau kain bersih.


11. Biarkan kue dalam gulungan sekitar 30 menit atau hingga dingin. (bisa masukkan ke dalam kulkas)

12. Buka kain atau kertas roti, iris bolu gulung sesuai selera.

Alhamdulillah jadiii. Selamat Mencoba. Masak Yok! Jangan lupa baca Bismillah yak! ^^


SAHASAKA Please~




|17 Jumadil Akhir 1438H|


bottom of page