top of page

Resep Churros

Resep from Blog sebelah (masih terus semangat melawan kemalasan hehe)


__________________________________________________________




Churros adalah makanan ringan dari Spanyol. Kalau dilihat di gambar-gambar seperti cakwe ternyata pas sudah jadi rasanya seperti kue sus. Dan memang bahan dasar pembuatan kue sus ya si churros ini, pantes. #hasilsurvey


Dalam pembuatannya Saya tidak menemukan banyak kendala, hanya satu saja dan itu lumayan membuat stress, yaitu terletak pada saat saya akan mencetak si churros ke penggorengan. Adonan di cetak menggunakan plastik berbentuk segitiga dan diletakkan cetakan berbentuk bintang pada bagian ujungnya (seperti mau membuat fla kue ketika menghias kue tart). Entah salahnya di adonan yang terlalu keras sehingga menyebabkan plastik koyak/robek atau emang plastiknya yang tidak bagus.


Entahlah pokoknya saya sampai lelah sendiri. Saya cari cara dengan menggunakan alat lain untuk mencetaknya, eh malah cetakannya ikutan rusak. Zzzzz.. akhirnya ambil langkah cepat, beberapa adonan saya bentuk bulat-bulat saja, tidak berbentuk sebagaimana churros yang asli.


Ternyata membuatnya tak segampang dan secepat seperti yang ada di video tutorial. Begitulah proses, harus dinikmati. Alhamdulillah hasilnya tidak membuat sakit hati huehue~ berhasil, rasanya enaaaaak~ dan mama suka :))... Berikut resepnya :


Bahan :


100 gr Tepung Terigu

± 250 ml Air

Garam sejumput

1 sdm Gula Pasir

1 sdm Mentega

½ sdt Vanili

2 btr Telur

Gula Halus untuk taburan

Coklat leleh untuk cocolan


Cara Membuat :


1. Masak Air dengan api medium. Tambahkan margarin + Gula pasir + garam. Aduk dan tunggu sampai mendidih.


2. Setelah mendidih masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Aduknya dengan kecepatan maksimal agar tepung tidak menumpuk.


3. Matikan api dan diamkan adonan ± selama 3 menit


4. Tambahkan vanili dan telur satu persatu ke dalam adonan dan mixer.


5. Setelah adonan tercampur rata masukkan adonan ke dalam cetakan dan bentuk di atas wajan penggorengan. Masak di minyak yang sudah panas ± 5-6 menit. Setelah masak, tiriskan.


6. Sajikan dan taburi gula bisa langsung di cocol dengan coklat.


Bahan Saus Cokelat :


Coklat batang (Collata) sesuai selera

1 gelas Kecil Susu Cair


Cara Membuat :


1. Tim Coklat , setelah mencair campurkan susu kemudian aduk rata.


Selamat Mencoba! Masak Yok!

SAHASAKA Please~

|19 Jumadil Akhir 1438H|


bottom of page