top of page

Resep Bakpia Renyah isi Cokelat dan Keju



masih dari blog lama.


_____________________________________

Makanan ini lumayan sering muncul di akun-akun resep yang saya follow di Instagram. Kebetulan saya juga suka sama bakpia. Di daerah dekat tempat tinggal saya, Tebing Tinggi (gak dekat banget sih), ada bakpia dengan isian kacang hijau dan kacang hitam yang sangat ngehits dikenal dengan nama “Rajawali”. Favorit saya adalah yang kacang hitam. Kalau di daerah saya bilangnya “kue kacang”, jarang yang tau bakpia sepertinya (kalau tidak salah hehe). Tapi kalau bakpia yang saya ceritain tadi sepertinya berjenis bakpia basah, sedangkan yang ingin saya buat ini bakpia kering atau renyah.



Ternyata teman saya juga ada yang berencana untuk membuat bakpia dan menyarankan saya untuk membuatnya. Jadi semakin semangat untuk membuat si bakpia ini. Seperti biasa, Saya mencari berbagai resep untuk menunjang pengetahuan saya dalam membuatnya. Saya mencari resep yang sesuai dengan alat dan bahan yang saya punya serta kenalaran otak saya dalam memahami tiap resep yang saya baca hehe~! Bisa dibilang lebih lama mencari dan memahami resep daripada membuatnya -_- .. Akhirnya saya merangkum beberapa resep yang didapat sehingga menghasilkan bakpia ala mantika. Saya lupa ambil resep dari mana aja, yang pastinya ada dari cookpad dan ada baca resepnya dari Mbak Didi *sok kenal* yang sudah terkenal dalam dunia masak-memasak, bisa lihat disini resepnya.




Hasilnya so far so good, cuma kurang di rasa saja, kurang kerasa manis coklatnya dan tidak sama seperti bakpia yang dijual-jual (yaiyalaaaaah), namanya first try. Tapi senang karena berhasil dan enak kok, Alhamdulillah bisa di makan dan bikin kenyang~ Berikut Resepnya :


Bahan :


250 gr Tepung Terigu

2 sdm Maizena

4 sdm Gula Halus

4 sdm Mentega

¼ sdt Garam

½ Gelas Air hangat

1 sdt fermipan


Cara Membuat Kulit:


1. Campurkan Terigu, Maizena, Gula Halus, Garam, Fermipan, aduk-aduk. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.


2. Setelah adonan tercampur rata masukkan mentega lalu uleni hingga kalis. (sampai tidak lengket lagi di tangan). Setelah kalis ,tutup adonan dengan serbet selama 30 menit.


3. Setelah adonan terlihat mengembang, ambil bagian adonan sesuaikan dengan ukuran bakpia yang diinginkan, kemudian pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera, lau bulatkan lagi.


4. Panaskan teflon terlebih dahulu. Teflon tidak perlu diberi minyak atau mentega. Masak bakpia dengan api kecil dan tutup. Tunggu hingga bakpia menjadi kecoklatan, di bolak-balik hingga matang.


Cara membuat Isian :

*Isian Coklat


Bahan :


1 sdm Susu Bubuk

2 sdm Coklat bubuk

3 sdm Margarin

5 sdm gula halus

5 sdm tepung terigu

1 sdm air es


Cara Membuat :


1. Sangrai Tepung Terigu ± 4 menit


2. Campurkan semua bahan isian, aduk hingga merata. (tekstur isian coklat bisa lihat disini)


3. Bulatkan sambil dikepal sesuai dengan ukuran bakpia. Lebih padat dan banyak akan menghasilkan bakpia yang lezat ketika dimakan.


*Isian Keju


Bahan :


Keju sesuai selera


Cara Membuat :


1. Parut Keju. Satukan dan bulatkan sambil di kepal sesuai dengan ukuran bakpia


note : Ini cara cepat saja sih, soalnya pas di akhir ternyata kekurangan isian coklat, mau bikin lagi sudah keburu sore dan mati lampu T.T, akhirnya dibikinlah isian keju nan praktis, rasanya ya rasa keju asli, wasin wasin gemana getoo hahaha~ Kalau mau bikin isian keju yang benar bisa pakai bahan dan cara yang sama seperti membuat isian coklat, bedanya hanya mengganti coklat bubuk dengan keju parut.


Selamat Mencoba! Masak Yok!

SAHASAKA Please~

|20Jumadil Akhir 1438H|




bottom of page