top of page

Resep Tteokbeokki (Kue Beras Pedas Korea)

REBLOG FROM MY PRIVATE BLOG :)

.....

Si adek tiba-tiba menanyakan kepada Saya, kenapa sudah jarang masak masakan korea lagi kemudian memberi ide untuk masak kue beras yang seperti di salah satu drama yang dia tonton, Saya jadi teringat kalau saya dulu suka banget bikin masakan korea walau belum pernah ada yang berhasil. Salah satunya Tteokbeokki, makanan yang terbuat dari tepung beras di makan dengan saus pedas. Sering banget makanan ini muncul di drama-drama dan sukses banget bikin orang jadi ngiler.


Akhirnya coba-coba buat sendiri. Dulu waktu masih gila-gilanya sama korea, Saya pernah membuatnya dua kali, dan keduanya gagal, satu salah di adonan tepung beras dan yang kedua salah di saosnya. Alhamdulillah masakan gagal tersebut tetap termakan, because I have my dad! Papa memberi komentar kalau makanannya terlalu pedas, iyasih papa tidak suka makanan pedas, me too~ dan sejak saat itu, Saya sudah tidak pernah berani bikin lagi, sayang juga kalau nanti gagal lagi dan kasihan papa harus makanin makanan aneh lagi.


Daaaan kali ini saya tetiba kangen sama tteokbeokki, dengan mengandalkan tutorial resep dari internet beserta kemampuan masak yang belakang sering diasah (eyaaak~) akhirnya saya memberanikan diri kembali untuk membuatnya.


tambah mie biar tambah enak~



Saya senang sekali karena hasil tteoknya sesuai sama seperti yang di drama-drama dan yang di tutorialnya, tekstur kenyalnya pas dan pas mau motongin jadi kecil-kecil gak lengket-lengket di tangan, tidak seperti adonan saya pas pertama kali buat. Untuk saosnya saya awalnya ngikutin resep banget, tapi pas dirasain kok aneh ya, kurang pas, akhirnya saya racik-racik sendiri semampu saya biar rasanya pas. Kebetulan Avi lagi sedang tidak di rumah, karena tukang coba-coba tidak ada saya memberanikan diri untuk tes rasa sendiri. Untung saja, kalau saya nurut banget sama resep dan tidak mencicipi terlebih dahulu saosnya, yah sia-sia lagi deh. Baiklah berikut resepnya :


Bahan Tteok:


250gr Tepung Beras

3sdm Tepung Tapioka

1sdt Garam

300ml air mendidih


Bahan Saos :


2sdm Saos (Bisa ditambah sesuai selera, bisa saos sambal atau saos tomat, atau keduanya )

Bubuk Cabe Secukupnya (Kalau mau)

2 Siung Bawang Putih

½ Bawang Bombay

200 ml Air

1 sdt Maizena (larutkan dengan air secukupnya)

Minyak Goreng


Cara Membuat Tteok :


1. Campurkan Tepung Beras + Tepung Tapioka + Garam dengan air mendidih sedikit demi sedikit sampai adonan kalis. Masukkan adonan ke dalam paper towel atau kain lap bersih. Kukus selama 25-30 menit. Keluarkan dari kukusan, uleni. Gunakan minyak ketika mengulen dan membentuk adonan agar tidak lengket. Bentuk adonan sesuai selera (Biasanya silinder memanjang, kemudian di potong kecil-kecil)


Bisa lihat tutorialnya disini


2. Rebus Tteok dalam air dengan api sedang sampai adonan mengapung. Angkat Tiriskan.


Cara Membuat Bahan Saos :


1. Tumis Bawang putih dan Bawang Bombay sampai harum. Tambahkan saos dan bubuk cabe ke dalamnya. Bisa tambahkan gula + garam sesuai selera. Aduk merata.


2. Tambahkan larutan maizena. Aduk dan tunggu sampai mendidih. Cicipi terlebih dahulu. Kalau sudah pas, bisa dicampurkan dengan tteok.


3. Tteokbekki siap disantap.


Jalbbeogesemnidaaaa~


Bismillah..


Nyam… Enyaaak.. Bashitaaaa~ kan kan kan sok kokoreaan lagi. Aiissh.. zzzzzz




SAHASAKA Please~



|29 Jumadil Akhir 1438H|

bottom of page