top of page

Resep Chapsaltteok (Mochi Korea)

REBLOG FROM MY PRIVATE BLOG :)


.....



Ini dia cemilan request-an si adek yang pernah dia lihat di salah satu drama yang dia tonton. Awalnya dia bilang kue beras, setau saya kue beras yang sering muncul di drama korea ya tteokbeokki. Malah saya sempat membayangkan bakpia, kue yang di maksud si adek (entah kenapa, mungkin karena pengen atau sering muncul di timeline resep-resep).


Saya tanya si adek bagaimana bentuk kue yang dia maksud, dia sulit menjelaskan malah menyuruh saya nonton dramanya, satu episode saja yaitu di episode pertama. -_- Tidak tahukan dia kalau dari satu episode bisa membawa ke episode selanjutnya. Ogaaaah! Officially Tobat from kokoreaan~ tapi karena penasaran akhirnya ketonton juga T.T … Tapi benar-benar untuk melihat kuenya saja, so di cepat-cepatin deh. Akhirnya tahulah kue yang dimaksud itu seperti apa, namanya Chapsseltteok atau simpelnya Mochi Korea. Yaah tau gitu cari mocha aja dari tadiii.. tapi emang macem-macem sih jenis kue beras manis korea ini. Yang paling saya paham ya si mochi ini saja karena pernah makan sebelumnya. Huhu jadi kangen mochi~



Karena kangen maka saya semangat juga membuatnya. Lihat-lihat tutorialnya ternyata bahan dan cara buatnya simpel. Simpel sih kalau lihat videonya, tapi pas dikerjakan lumayan memakan waktu juga. Heran saja sih , saya merasa simpel tapi kok rasanya lama dan heboh banget di dapur. -_- Alhamdulillah hasilnya menyenangkan, mayanlah mirip sama rasa mochi Taiwan atau mochi sukabumi yang pernah saya makan (tapi gak dekat kali loh rasanya, masih enakan mochi mereka).



Ini sengaja bikin buat si adek, dianya malah sakit gigi. Jadinya gak menikmati deh dia makannya. It’s OK bisa bikin lagi nanti. Berikut Resepnya :


Bahan :


50 gr Tepung Ketan Putih

35 gr Gula Pasir

100 ml Air

Pewarna Makanan sesuai selera (untuk pertama kali bikin, saya tidak pakai, mau yang asli dulu)

Tepung Maizena di sangrai (digunakan ketika mencetak adonan agar tidak lengket di tangan)


Isian Mochi :

Sesuai selera, kalau saya pakai kacang mete (di blender kemudian dibulatkan) ,

collatta yang di cairkan dengan mentega putih (biarkan sampai mengering kemudian dihancurkan lagi lalu dibulatkan sambil dikepal biar bentukannya seperti coklat lagi).


Cara Membuat :


1. Siapkan Kukusan.


2. Masukkan ke dalam wadah Tepung Ketan Putih + Gula Pasir + Air. Aduk Rata.


3. Bisa ditambahkan pewarna sesuai selera kalau mau.


4. Kukus selama 10 menit. Keluarkan. Aduk-aduk. Kukus lagi selama 10 menit. Keluarkan lagi. Aduk-aduk. Kukus lagi selama 10 menit. Keluarkan dan dinginkan sejenak.


5. Siapkan tempat (alas plastic/kayu) yang sudah diberi tepung maizena (sudah di sangrai), Ambil adonan letakkan di atas tepung kemudian pipihkan adonan menggunakan alat (bisa dengan botol sirup) kemudian cetak dengan bibir gelas yang bulat untuk membagi adonan agar sama ukurannya ketika dibentuk bersama isian.



Don’t!!

Karena saya tidak yakin apakah mochi ini sudah bisa langsung dimakan apa tidak maka saya pun mengukusnya kembali seperti mengukus bakpao. Alhasil dia lengket-lengket di dandang kukusan, dan susyee buat di makannya. Ternyata mochinya sudah bisa langsung di makan.


Tutorialnya bisa cek disini biar lebih tergambar.


SAHASAKA Please~


|1 Rajab 1438H|

bottom of page