top of page

Resep Ontbijtkeok

|5 Rajab 1438H|


Assalamu'alaikum..

maaf fotonya gelap-gelapan, sudah malam soalnya hehe



Lagi pengen makan kue yang teksturnya cakey, lembut-lembut gitu. Habisnya Saya ngiler liatin kue-kue yang sekarang kita kenal dengan sebutan “oleh-oleh kekinian” milik para artis. Hiks.. apa daya diriku jauh dari tempat oleh-oleh tersebut. Ada sih “Medan Napoleon” , Alhamdulillah sudah pernah nyoba dan rasanya oke oke aja, mungkin akan lebih enak kalau makannya pas baru masak langsung hap! Hehe


Tapii saya itu kepengen banget makan kuenya si Shireen, “Raincake Bogor”, menggiurkan sekali melihat galeri photo kue-kuenya~ Gemaaaas… Ahhh.. apa daya.. hiks..Semoga Allah kasih kesempatan untuk bisa mencicipinya.. Aamiin..


Raincake Bogor yang berhasil bikin ngiler~~~



Niatnya mau buat Cheessecake, soalnya kuenya “Raincake Bogor” itu terdiri dari Cheesecake yang di kombinasi dengan toping dan filling yang menggiurkan. Saya sebenarnya sudah lama juga lihat-lihat resep Cheessecake tapi ya itu, banyak menggunakan telur, dan kok kayaknya sulit ya, harus benar-benar mood biar gak gagal dan kalaupun gagal gak jadi palak hehe..


Karena mood belum ada tapi pengen kue yang cakey, akhirnya pilihan jatuh pada kue rasa spekuk atau yang dikenal dengan nama “Oentbijtkoek”. Lari ya? Iya sih, yowes tak mengapa yang penting makan~


Alhamdulillah hasilnya cakey dan enak~ Berhasil! Berhasil! Pertama bikin dan hasilnya memuaskan. Mengenyangkan pulaaa~


Yoklah langsung ke resepnya yok!


Bahan :


3 btr kuning telur

2 btr putih telur

125 gr gula merah sisir (bisa gula palem)

¼ sdt emulfisier

125 gr terigu

½ sdm susu bubuk full cream

¼ sdt Baking Powder

Chocochips untuk taburan

125 gr minyak goreng

½ sdm bumbu spekuk


Cara Membuat :


1. Kocok Telur + Gula + Emulfisier sampai kental dengan mixer kecepatan tinggi, selagi mixer panaskan oven.


2. Jika sudah kental, masukkan terigu + susu bubuk + BP + Spekuk yang sudah di ayak. Masukkan bertahap dan kocok dengan speed rendah sampai rata.


3. Masukkan Minyak goreng, aduk balik dengan spatula sama homogen.


4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan ditabur sedikit tepung atau bisa pakai kertas roti.


5. Panggang sampai matang, jangan lupa tes tusuk. Saya pakai otik (oven listrik) yang merupakan produk lama sehingga memanggangnya membutuhkan waktu yang lama, ± 60 menit (40 menit di rak bagian bawah dengan suhu 200°C gunakan Api Atas Bawah kemudian lanjut 20 menit pindahkan ke rak atas, turunkan sedikit suhunya dan atur Api mendekati tanda api atas – lihat oven)


6. Diamkan sebentar setelah matang, kemudian bisa disajikan dan makaaan~


SAHASAKA Please~


bottom of page