top of page

Resep Muffin Pisang

Assalamu'alaikum..



Coba-coba bikin Muffin ah..

Si mama pesen beli cetakannya tapi gak bikin-bikin juga, akhirnya saya yang jadi tergerak untuk membuatnya. Seperti biasa , ketika bahan dan alat sudah lengkap, Sayapun mulai mencari-cari resep yang sesuai dengan kenalaran saya hehe.. Biasanya saya harus lihat tidak hanya satu dua resep saja, soalnya takut gagal, jadi lumayan memakan waktu deh sebelum bikin kuenya. (padahal sudah kepingin banget makan kuenyaaaa)


Yang paling suka adalah karena resep Muffinnya gak pake mixer dan bahannya juga mudah di aduk meski tanpa mixer jadi berasa gak ribet. Alhamdulillah pertama kali bikin Muffin tidak ada kendala yang mencolok, paling harap-harap cemas sama si oven yang masih butuh di mengerti lagi kapan waktu-waktu dia udah masak apa belum. Ya agak ada kegosongan dikit lah, dikiit aja tapi.


Yuklah cus kita langsung ke resepnya~


Bahan :


230gr Tepung Terigu

½ sdt Baking Soda

1 sdt Baking Powder

¼ sdt Garam

125 – 150 gr Gula Pasir

Secukupnya Kismis/Chocochips/Kacang-kacangan

¼ sd kayu manis (bila suka)

110 gr butter/margarine (lelehkan)/ Minyak Sayur

2 btr Telur

300-350 gr Pisang Matang (3 Buah Pisang)


Cara :


1. Panaskan oven (sesuaikan dengan oven masing-masing ya) dan oles Loyang dengan mentega atau bisa langsung pakai alas kertas khusus muffin, ini lebih simpel karena gak perlu repot-repot melepaskan muffin dari loyang, tinggal ambil , makan , terus buang kertasnya.


2. Masukkan dalam satu wadah Terigu + Baking Soda + BP + Garam di ayak kemudian masukkan Gula Pasir. Aduk Rata kemudian tambahkan bahan opsional seperti kismis, chocochips, atau kacang-kacangan. tambahkan kayu manis.


Note : Bisa pakai lebih sedikit gula apabila pisang benar-benar matang karena sudah ada rasa manis dari pisang.


3. Masukkan pada wadah lain Margarine leleh yang sudah didinginkan terlebih dahulu kemudian masukkan 2 butir telur, aduk sampai merata.


4. Hancurkan Pisang bisa menggunakan garpu, tidak perlu sampai halus sekali untuk mengasilkan tekstur Muffin yang lebih kenyal. Lalu masukkan pisang ke adonan Telur dan Margarine. Aduk sampai tercampur merata.


5. Masukkan Adonan Telur ke adonan Tepung, Lalu aduk pelan sampai bahan tercampur. Jangan diaduk berlebihan karena akan bisa menghasilkan tekstur muffin yang keras dan tidak kenyal. Apabila tepung pada adonan sudah tidak terlihat lagi, maka tidak perlu mengaduk lagi.


6. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin yang sudah dilapisi kertas Muffin tadi, Bisa menggunakan centong es krim untuk mendapat takaran yang sama, saya pakai sendok saja karena tidak punya centong es krim.


7. Panggang 20-25 menit. Saya kalau tidak salah membutuhkan waktu lebih lama dari resep asli karena memang oven saya lama panasnya. Kemudian apabila sudah dirasa masak , lakukan tes tusuk pada bagian tengah Muffin. Apabila lidi bersih dan tidak ada adonan yang menempel maka Muffin sudah jadi.


8. Dinginkan Muffin kira-kira 10 Menit sebelum dikeluarkan dari cetakan. (Apabila tanpa pakai Alas kertas).


9. Muffin Siap di santap!~


Mudahkan..Saya mendapatkan resepnya di Resep Muffin Pisang - Banana Muffins - Resep tanpa Mixer.


SAHASAKA Please~

|2 Rajab 1438H|

bottom of page