top of page

Failed Pandan Cake Attacked!

|25 Rajab 1438H|

Assalamu'alaikum..

Agak lemes sih mau nulisnya, tapi ini wajib ditulis biar buat mengenang kegagalan dalam membuat Bolu Pandan. Jadi kemaren ada teman yang mesan bolu pandan, dia nanya saya bisa bikinnya gak? Ya saya jawab saja bisa, soalnya saya pernah bikin bolu nutrisari, bolu gulung, black forest dan bolu-bolu lainnya (kecuali chiffon dan cheesecake) dan Alhamdulillah kesemua itu pernah berhasil. Ini Cuma masalah rasa, tinggal ganti rasa pandan aja kan? Gitu pikir saya awalnya..


Teman saya ini mau kasi ke mertuanya dan tiba-tiba anaknya teman saya berbisik ke telinga saya “kakak nanti harus sabar ya sama komentar nenek.” DEG! Langsung kayak ada beban yaah walaupun sudah sering dikasi komentar sama mamak hehe.. Mana orang lama kan, pastilah menginginkan rasa dan tekstur seperti bolu-bolu zaman dahulu yang pastinya lebih enak.


Dan satu lagi, karena mau bikin yang besar tentu pakai banyak telur. Saya memang agak alergi dengan bolu yang banyak telur, alergi takut gagal. Saya biasanya pakai yang eggless , paling banyak 5 telur lah. Ini sampai 7 telur agak-agak gimana gitu, kalau gagal sayang bangeeet~ dan betul karena takut gagal, akhirnya rugi beneran, saya bikin 3 kali Bolu pandan dan tidak ada yang mencapai kata berhasil hueuehue. Tapi gak rugi-rugi kali sih, namanya belajar.


Pertama saya bikin bolu pandan mengikuti resep dari youtuber yang sebelumnya saya pernah mencoba resepnya dan berhasil, kali saja resep yang ini berhasil juga. Tapi gak bisa salahin resepnya juga sih, bisa saja kesalahan ada di step pengerjaan dari pihak saya. Hasilnya pun tidak sama dengan hasil bolu pandan dari resep yang saya contoh. Atasnya masak tapi bawahnya bantat. Hiks.

Resep bisa lihat disini.

Karena bolu yang pertama gagal, yang kedua saya coba-coba bikin chiffon. Wuih for the first time. Pembuatan Chiffon ini agak ribet, butuh KONSENTRASI dan juga PENGALAMAN sebenarnya. Karena teknik pengocokan kuning dan putih telur yang terpisah. Alhamdulillah persiapan dan teknik dalam pengocokan putih telur sudah saya dapat dari dua kali membuat bolu gulung dengan teknik serupa. Yang pertama gagal karena tidak mencapai hasil konsistensi kocokan putih telur yang seharusnya, setelah dicari tau karena ada tercampur kuning telur di dalamnya dan penyebab lainnya mungkin mixer atau wadah putih telur masih basah, jadi harus benar-benar kering wadah, tangan, mixer untuk mendapatkan kocokan putih telur yang kaku.


Yang kedua bisa dikatakan berhasil karena sudah tau tipsnya, hanya saja masih kurang kaku. Dan kali ketiga adalah waktu pembuatan Chiffon pandan ini, agak lebih pede tapi ketakutan tetap melanda.


Untuk membuat chiffon biasanya menggunakan loyang yang bisa di lepas. Ternyata mama punya, wah alat-alat memasak mama lengkap tenryata cuma ya gitu karena sudah lama gak kepake dan terurus agak-agak hitam dan peyot-peyot hehe..pakai saja apa yang ada. Karena loyangnya tinggi dan menggunakan banyak telur maka hasil chiffon ini pun biasanya tinggi-tinggi tidak seperti bolu biasanya, ya itu kalau berhasil. Awalnya chiffon saya tinggi tapi lama-lama menurun hiks. Tapi untuk ukuran pemula dan baru pertama kali bikin Chiffon bisa dibilang not badlah hasilnya *muji diri sendiri* tapi rasanya saya belum tahu hihi.

Untuk resep Chiffon saya menggabungkan antara dua resep dari dua orang yang hobi masak-masak kue favorit saya, resep mb Endang "JTT" (@justtryandtaste) untuk melihat langkah-langkah memasaknya dan resep Mb Tintin Rayner (@tintinrayner) untuk bahan-bahannya. Lihat resep di Pandan Chiffon Cake & Tips Sukses Membuatnya dan CHIFFON PANDAN CAKE Super moist & fluffy. *sok kenal banget manggil mbak*


Setelah si chiffon, karena masih gak pede saya coba bikin lagi yang lain dengan resep lain pula, kali ini bolu. Hanya saja tidak pakai pengembang karena pengembang habis dan waktu sudah mulai menggelap. Pajak sudah tutup. Lihat dari hasil poto yang di resep bagus kok, banyak yang recook pada berhasil. Oke saya ikutin resepnya. Entah kayaknya salah di saya, hasilnya tidak bisa dibilang berhasil karena agak sedikit bantat. Hiks. Saya lelah dan menyerah.

Resep bisa lihat disini.


Akhirnya saya bilang saja tidak bisa membuatkan pesanan teman saya itu karena hasilnya gagal, tapi mama saya menyarankan untuk kasih saja yang chiffon tidak usah di bayar, soalnya itu yang paling mendekati berhasil. Jadi mama saya memanaskannya lagi di oven, untuk mengeringkan bagian atas yang masih agak lengket.


Pas bolu sudah dikasi (Alhamdulillah gak langsung dimakan), si teman saya cerita kalau si nenek jago banget bikin lapis legit, katanya enak banget. Wah lapis legit kan sulit dan saya menghindari untuk membuatnya kalau belum pernah diajarin sebelumnya. Sudahlah saya pasrah, semoga si nenek bisa menikmati bolunya ya..


Dan dua bolu yang gagal akhirnya saya bagi-bagikan untuk keluarga saya dan juga ke teman saya beserta anak-anaknya. Bolu pertama yang setengah masak dan Bolu ketiga yang gak pakai pengembang agak seret makannya, keras pula, tetap habis sih di santap sama papa saya.


Begitulah kisah si bolu pandan dari saya, semoga selanjutnya saya bisa bikin lagi dan berhasil. Aamin..


Jangan menyerah! Tetap semangat Memasak..Keep SAHASAKA!!

bottom of page